Skip links
Berapa Hari Masa Subur Wanita? Cek di Sini!
Home / Edukasi / Kesuburan / Ovulasi / Berapa Hari Masa Subur Wanita? Cek di Sini!

Berapa Hari Masa Subur Wanita? Cek di Sini!

Ditulis: Tim Wilov

Ditinjau: dr. Lidia Debby W.

Ladies, apakah sedang merencanakan kehamilan? Jika iya, sebaiknya mulailah buat perencanaan kehamilan dengan mengetahui masa subur wanita. Peluang hamil lebih tinggi bisa Ladies dapatkan jika tahu kapan masa subur berlangsung. Untuk itu, jangan lewatkan pembahasan tentang periode masa subur wanita ini ya!

Kehamilan hanya bisa terjadi ketika sperma bertemu sel telur. Waktu yang tepat menjadi kunci untuk memastikan pertemuan tersebut dapat membuahkan hasil. Siklus menstruasi Ladies dapat memberi petunjuk kapan tubuh siap melakukan hubungan intim. Langkah pertama yang perlu Ladies lakukan adalah mempelajari kapan masa subur.

Hari-hari saat kehamilan mungkin terjadi dalam siklus menstruasi wanita disebut sebagai jendela subur (fertile window). Masa subur wanita ini berlangsung 5 hari sebelum ovulasi (saat sel telur dilepaskan dari ovarium) dan pada hari ovulasi. Nah, kehamilan paling mungkin terjadi jika Ladies berhubungan intim selama 6 hari tersebut. Berhubungan seks selama masa subur wanita, terutama tiga hari menjelang ovulasi dan hari ovulasi, bisa meningkatkan peluang hamil.

Mungkin ada yang berpikir bahwa wanita bisa hamil kapan saja sepanjang bulan, tanpa perlu repot-repot menghitung waktu untuk berhubungan intim. Faktanya, kemungkinan Ladies bisa hamil hanya beberapa hari selama siklus menstruasi yaitu saat masa subur wanita. Mengapa? Alasannya karena sel telur dan sperma hanya hidup dalam waktu singkat. Sperma hidup sekitar lima hari, sedangkan sel telur hanya dapat dibuahi sekitar 24 jam (satu hari) setelah dilepaskan dari indung telur. Sel telur dan sperma harus bersatu pada waktu yang tepat agar pembuahan terjadi guna menciptakan embrio. Pada waktu 12-24 jam setelah ovulasi, wanita tidak lagi dapat hamil selama siklus menstruasi tersebut karena sel telur tidak lagi berada di tuba falopi.

Jika Ladies mencoba hamil dan ingin melacak waktu ovulasi, maka perlu memahami panjang siklus menstruasi. Pada dasarnya siklus menstruasi ini menjadi cara tubuh mempersiapkan kehamilan. Siklus dimulai pada hari pertama menstruasi dan akan mulai terjadi lagi saat awal periode menstruasi selanjutnya. Kebanyakan wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari, tetapi siklus yang berkisar antara 21-35 hari masih dianggap normal.

Lalu, bagaimana Ladies bisa tahu kapan waktu ovulasi? Ovulasi terjadi sekitar 12-14 hari sebelum menstruasi dimulai. Jadi jika rata-rata siklus menstruasi Ladies 28 hari, maka hari ke-1 adalah hari pertama menstruasi dan sekitar hari ke-14 merupakan waktu ovulasi. Apabila siklus menstruasi rata-rata Ladies adalah 35 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke-21. Jika siklus menstruasi lebih pendek, katakanlah 21 hari, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-7. Bagi Ladies yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan sulit menentukan ovulasi, berhubungan seks setiap 2 hingga 3 hari akan meningkatkan peluang hamil.

Sama seperti hari ovulasi yang bervariasi dari siklus ke siklus, demikian juga waktu enam hari masa subur wanita. Ladies bisa mulai melacak periode menstruasi sebagai salah cara untuk mengenal kapan masa subur. Caranya dengan mencatat di buku, menggunakan kalkulator ovulasi atau aplikasi pelacak periode menstruasi yang tersedia gratis dalam membantu Ladies menentukan masa subur, Untuk mengetahui panjang siklus menstruasi, catat hari pertama Ladies mulai berdarah (hari pertama menstruasi) yang terhitung hari ke-1. Hari terakhir siklus adalah hari sebelum dimulainya periode menstruasi selanjutnya.

Tentu saja ada cara lebih mudah bagi Ladies mengetahui kapan masa subur berlangsung.  Coba unduh aplikasi Wilov yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store untuk menggunakan kalender masa subur wanita. Di aplikasi ini ada penghitungan otomatis, prediksi masa subur, masa ovulasi dan tanggal menstruasi berikutnya. Praktis, bukan? Jadi segera unduh ya, Ladies.

Referensi

[1] “Right Time For Sex, When Do You Ovulate? | Your Fertility.” https://www.yourfertility.org.au/everyone/timing (accessed June 16, 2022).

[2] How to increase your chance of getting pregnant | Your Fertility.” https://www.yourfertility.org.au/how-increase-your-chance-getting-pregnant (accessed June 16, 2022).

[3] “Calculating Your Monthly Fertility Window | Johns Hopkins Medicine.” https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/calculating-your-monthly-fertility-window (accessed June 16, 2022).

[4] “How To Predict Your Most Fertile Days and Ovulation.” https://www.verywellhealth.com/fertility-when-are-your-most-fertile-days-906753 (accessed June 16, 2022).

 

Leave a comment