Skip links
5 Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita
Home / Edukasi / Kesuburan / Ovulasi / 5 Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita

5 Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita

Ditulis oleh: Tim Wilov | Ditinjau oleh: dr. Lidia Debby W. 

Ladies, saat merencanakan kehamilan, kita perlu tahu kapan kita memasuki periode masa subur. Hubungan intim yang dilakukan pada periode masa subur wanita akan meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Siklus menstruasi wanita terbagi menjadi dua, yaitu fase folikular dan fase luteal. Fase folikular dihitung sejak hari pertama menstruasi sampai hari terjadinya ovulasi, sementara fase luteal dihitung setelah ovulasi hingga sebelum menstruasi. Periode masa subur terjadi di dalam fase folikular, yaitu sekitar 5 hari sebelum ovulasi hingga hari terjadinya ovulasi

Ada banyak cara menghitung masa subur wanita, mulai dari penghitungan manual menggunakan kalender hingga menggunakan kalkulator masa subur wanita pada aplikasi di ponsel. Selain melakukan penghitungan, Ladies juga perlu mengenali ciri-ciri masa subur pada wanita agar lebih mudah menentukan kapan waktu berhubungan intim terbaik bersama pasangan.

 

  1. Cairan serviks menyerupai putih telur
    Ladies, perhatikan cairan atau lendir yang keluar dari vagina. Anda mungkin akan melihat cairan yang lebih banyak, jernih, dan licin di celana saat mendekati ovulasi atau saat sedang berovulasi. Setiap wanita bisa mengeluarkan bentuk cairan yang berbeda-beda. Namun, umumnya serviks mengeluarkan cairan yang menyerupai “putih telur” pada periode tersebut.
  2. Kenaikan suhu basal tubuh
    Mengukur suhu basal tubuh juga dapat membantu Ladies mengidentifikasi masa subur3. Suhu basal adalah suhu yang diukur pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas apa pun. Pada umumnya, suhu basal tubuh akan meningkat sekitar setengah derajat celsius setelah terjadinya ovulasi4. Oleh karena itu, cara ini mengharuskan Ladies untuk memantau suhu tubuh saat bangun tidur setiap hari menggunakan termometer.
  3. Posisi serviks lebih tinggi
    Serviks atau leher rahim adalah bagian dari rahim yang terhubung ke vagina. Selama ovulasi, serviks akan melunak serta posisinya menjadi lebih tinggi dari biasa3. Sebagian wanita terbiasa meraba serviksnya sendiri dengan ujung jari, misalnya saat memasang menstrual cup. Namun, sebagian wanita umumnya tak familier dengan bentuk dan posisi serviks mereka. Ladies bisa berkonsultasi dengan tenaga medis untuk memahami seperti apa bentuk, tekstur, dan posisi serviks pada masa subur.
  4. Nyeri di bagian perut
    Meski tak terjadi pada semua orang, sebagian wanita kerap mengalami sedikit nyeri di bagian perut saat sedang berovulasi4. Nyeri yang dirasakan biasanya berupa kram pada salah satu sisi perut bagian bawah3. Umumnya, nyeri pada saat ovulasi tak begitu terasa. Namun jika Ladies merasa terganggu, baringkan tubuh ke posisi nyaman dan kompres perut dengan air hangat.
  5. Dua garis pada alat uji masa subur
    Ada banyak alat uji masa subur yang dijual di pasaran2, salah satunya adalah alat yang berbentuk seperti strip uji kehamilan. Umumnya, alat tersebut bekerja dengan mengukur tingkat hormon luteinizing (LH) di dalam urin kita karena LH meningkat sekitar 24 hingga 36 jam sebelum ovulasi terjadi4. Jika muncul tanda dua garis pada strip setelah dicelupkan ke urin yang sudah ditampung di dalam wadah, artinya Ladies sedang berada dalam masa subur. Akurasi alat uji ini dinilai cukup baik untuk memprediksi ovulasi.

5 Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita

Ladies, selain kelima poin di atas, masih ada beberapa ciri-ciri masa subur pada wanita lainnya seperti meningkatnya gairah seks, munculnya flek ringan, serta payudara yang terasa lebih lembut dibanding biasanya3. Namun, sebaiknya Ladies tak hanya berpegang pada salah satu ciri saja, melainkan memantau kombinasi keseluruhannya agar prediksi masa subur bisa lebih akurat. Sebaiknya, Ladies tetap berkonsultasi dengan dokter obgyn terpercaya untuk menentukan masa subur dan ovulasi. Ladies juga bisa mengunduh aplikasi Wilov di ponsel untuk membantu menghitung masa subur dengan kalkulator masa subur wanita di dalamnya.

Referensi:

Leave a comment