Skip links
7 Ciri-Ciri Hamil atau Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi
Home / Edukasi / Kesuburan / Kehamilan / 7 Ciri-Ciri Hamil atau Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi

7 Ciri-Ciri Hamil atau Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi

Ditulis: Tim Wilov
Ditinjau: dr. Lidia Debby W.

Ladies yang sedang merencanakan kehamilan perlu tahu bahwa berhubungan intim di sekitar masa ovulasi dapat meningkatkan peluang kehamilan. Masa ovulasi adalah masa ketika sel telur yang paling matang bergerak menuruni saluran tuba falopi [1]. Jika sebelumnya Ladies berhubungan seksual tanpa pengaman, kemungkinan besar sperma akan membuahi sel telur [2]. Sekitar 5 sampai 6 hari setelah ovulasi, sel telur yang sudah dibuahi tersebut akan menempel pada lapisan rahim, proses ini yang dinamakan dengan implantasi. Jika implantasi berhasil, artinya Ladies mengalami kehamilan. Untuk itu, Ladies perlu memahami sejumlah ciri-ciri hamil sebagai tanda ovulasi berhasil dibuahi dan implantasi telah terjadi.

  1. Terlambat menstruasi [3]
    Jika Ladies memiliki siklus menstruasi bulanan yang teratur, ciri-ciri hamil yang satu ini paling mudah diidentifikasi. Jika Ladies tidak juga menstruasi seminggu setelah tanggal biasa, segera periksa dengan strip uji kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter. Perlu dicatat, pada wanita yang siklus menstruasi bulanannya tidak teratur (seperti penderita PCOS), menstruasi yang datang terlambat bisa jadi bukan merupakan tanda ovulasi berhasil dibuahi
  2. Bercak darah [4]
    Salah satu tanda ovulasi berhasil dibuahi dan terjadinya implantasi adalah bercak darah di celana, meski ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Umumnya, bercak darah muncul 1 sampai 2 minggu setelah pembuahan, akibat telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Selain itu, serviks lebih mudah mengeluarkan darah karena pembuluh darah semakin berkembang di area ini selama kehamilan (ACOG). 
  3. Nyeri payudara [5]
    Pada awal kehamilan, wanita mengalami perubahan kadar hormon. Perubahan tersebut bisa menyebabkan payudara terasa lebih sensitif dan nyeri. Selain itu, payudara juga bisa terasa lebih kencang dan penuh. Ciri-ciri hamil yang satu ini bisa terlihat sejak 1 sampai 2 minggu setelah pembuahan. Rasa tidak nyaman yang muncul pada payudara akan berangsur-angsur berkurang seiring dengan tubuh Ladies yang beradaptasi pada perubahan hormon.    
  4. Kelelahan [6]
    Mudah lelah juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang bekerja ekstra untuk memelihara kehamilan dan menyiapkan kelenjar penghasil susu di payudara. Keletihan sebagai salah satu tanda ovulasi berhasil dibuahi bisa mulai dirasakan oleh Ladies sejak 1 minggu setelah pembuahan.
  5. Mual [5]
    Gejala morning sickness berupa mual seringkali dirasakan sejak bulan pertama kehamilan. Meski namanya mengandung kata morning, rasa mual ini bisa muncul kapan saja, termasuk pada malam hari. Mual bisa jadi disertai muntah atau tidak. Bahkan, banyak juga wanita yang tidak merasakan morning sickness sama sekali. Meski penyebab pastinya belum diketahui, banyak ahli menympulkan bahwa gejala ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.  
  6. Sering buang air kecil [6]
    Pada minggu-minggu awal kehamilan, tubuh memproduksi hormon hCG yang meningkatkan aliran darah ke sekitar daerah panggul, sehingga menyebabkan wanita hamil merasa ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  7. Ngidam atau tidak suka makanan tertentu [3] [6]
    Ladies mungkin akan tiba-tiba merasakan ngidam makanan tertentu, atau bahkan tiba-tiba membenci makanan yang biasanya Ladies sukai seperti kopi, teh, dan makanan berlemak. Ini disebabkan oleh indra pengecap dan penciuman yang jadi lebih sensitif dari sebelum hamil. Beberapa wanita hamil bahkan merasakan rasa aneh seperti rasa logam di mulut mereka. 

Jika Ladies merasakan satu atau beberapa tanda di atas, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk memastikan usia kehamilan. Untuk membantu mencatat keterlambatan tanggal menstruasi serta gejala-gejala seperti mual, payudara nyeri, lelah, dan sebagainya, Ladies bisa menggunakan aplikasi Wilov. Tak hanya itu, aplikasi Wilov juga menyediakan banyak informasi dan tips penting seputar kehamilan dan kesehatan wanita. Unduh aplikasi Wilov secara gratis di App Store dan Google Play Store.

 

Referensi

[1] “Fertility Awareness-Based Methods of Family Planning | ACOG.” https://www.acog.org/womens-health/faqs/fertility-awareness-based-methods-of-family-planning (accessed Nov. 24, 2021).

[2] “You and your pregnancy at 1 to 3 weeks – NHS.” https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/1-2-3-weeks/ (accessed Jan. 05, 2022).

[3] “Signs and symptoms of pregnancy – NHS.” https://www.nhs.uk/pregnancy/trying-for-a-baby/signs-and-symptoms-of-pregnancy/ (accessed Jan. 05, 2022).

[4] “Bleeding During Pregnancy | ACOG.” https://www.acog.org/womens-health/faqs/bleeding-during-pregnancy (accessed Jan. 05, 2022).

[5] “Early Signs of Pregnancy | American Pregnancy Association.” https://americanpregnancy.org/pregnancy-symptoms/early-signs-of-pregnancy/ (accessed Jan. 05, 2022).

[6] “What are some common signs of pregnancy? | NICHD – Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.” https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/signs#f4 (accessed Jan. 05, 2022).

Leave a comment