Skip links
Kenali Tanda-tanda Gejala PCOS Semakin Membaik
Home / Edukasi / Hormon Wanita Dan Gangguan / PCOS / Kenali Tanda-tanda Gejala PCOS Semakin Membaik

Kenali Tanda-tanda Gejala PCOS Semakin Membaik

Ditulis: Tim Wilov

Ditinjau: dr. Lidia Debby W

Wanita dengan PCOS memiliki ketidakseimbangan hormon dan masalah metabolisme yang memicu munculnya berbagai masalah pada tubuh. Gejala PCOS yang muncul bisa berupa ketidakteraturan menstruasi, kenaikan berat badan, pertumbuhan bulu berlebih, kulit berminyak, kebotakan hingga sulit hamil [1]. PCOS memang tidak bisa disembuhkan, namun gejala PCOS dapat dikendalikan supaya tidak berisiko pada kesehatan. Tentunya ada tanda-tanda yang muncul ketika gejala PCOS membaik. Apa saja? Kenali yuk!

Untuk mengatasi gejala PCOS, tentu penderita perlu melakukan berbagai perubahan. Cara terbaik dan paling mudah yaitu dengan perubahan gaya hidup. Ladies bisa mengatur pola makan sehat dan rutin berolahraga, apalagi jika berat badan di atas normal. Penurunan berat badan bisa sangat efektif dalam mengurangi banyak kondisi kesehatan terkait PCOS, seperti darah tinggi dan diabetes. Selain itu, perubahan gaya hidup dapat membuat kadar hormon jadi lebih baik.

Di samping mengubah gaya hidup, penanganan PCOS lainnya dapat melalui pengobatan medis. Terkadang dokter meresepkan obat untuk mengatasi gejala PCOS yang muncul dengan penggunaan pil KB dalam mengatur siklus menstruasi, mengendalikan jerawat dan pertumbuhan rambut berlebih [2]. Namun penggunaan obat atau krim yang tepat perlu disesuaikan dengan kondisi PCOS seseorang. Tentu saja pemakaian obat juga perlu dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup. Jika obat kesuburan tidak berhasil, dokter bisa pula merekomendasikan bedah laparoscopic ovarian drilling (LOD) untuk menghancurkan jaringan di ovarium yang memproduksi hormon androgen seperti testosteron [3].

Bagi wanita dengan PCOS yang sedang menjalani program hamil, dengan pengobatan bisa memudahkan proses kehamilan. Dokter dapat menyusun rencana pengobatan berdasakan gejala PCOS yang diderita pasien dan melihat risiko kesehatan jangka panjang. Kebanyakan wanita memerlukan kombinasi perawatan yang bisa dilakukan sendiri dan obat-obatan untuk mengatasi gejala PCOS [4]. Bila sudah berhasil hamil, PCOS juga dapat memunculkan masalah seperti keguguran atau preeklamsia. Risiko kesehatan selama hamil dapat dikurangi dengan mencapai berat badan ideal sebelum hamil, kadar gula darah normal sebelum hamil dan mengonsumsi asam folat.

Meski ada serangkaian pengobatan, perlu diakui munculnya gejala PCOS bisa memicu stress, perubahan suasana hati hingga depresi pada wanita. Rasa percaya diri juga ikut menurun seiring terjadinya perubahan bentuk fisik. Tentu saja hal ini dapat menghalangi gejala PCOS membaik. Ladies bisa mengendalikan emosi dan stress dengan melakukan meditasi, yoga, hobi yang disukai, dan tidur yang cukup. Jika sulit untuk mengontrolnya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog terkait penanganan kesehatan mental. Cari juga komunitas yang bisa saling mendukung dan bangkit bersama-sama untuk mengatasi gejala PCOS.

Apabila semua itu sudah dilakukan, tentu akan ada perubahan pada penderita PCOS. Gejala PCOS membaik bisa Ladies rasakan dengan munculnya tanda-tanda pada tubuh. Contohnya saja siklus menstruasi kembali normal atau pertumbuhan bulu pada bagian tubuh mulai berkurang. Untuk selengkapnya, berikut ini beberapa tanda gejala PCOS membaik [5]:

  • Siklus menstruasi mulai teratur
  • Bintik-bintik hitam pada permukaan kulit mulai berkurang dan kulit tampak lebih bersih
  • Jerawat menghilang
  • Berat badan mulai turun
  • Tidak lagi muncul pertumbuhan bulu berlebih pada bagian tubuh yang tidak diinginkan
  • Tidur lebih nyenyak
  • Badan terasa lebih berenergi
  • Rasa cemas, stress dan perubahan suasana hati jauh berkurang
  • Bisa mengalami kehamilan

Pada dasarnya, Ladies dapat mengatasi gejala PCOS agar semakin membaik. Namun, masih ada kemungkinan gejala PCOS yang sudah reda, timbul kembali di kemudian hari. Mengapa?  Ketidakseimbangan hormon PCOS tidak berubah seiring bertambahnya usia, sehingga masih ada kemungkinan penderita terus memiliki gejala PCOS bahkan saat sudah menopause [4]. Belum lagi munculnya risiko masalah kesehatan terkait PCOS ketika usia makin bertambah. Untuk mengantisipasinya, jaga terus gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga dan hindari stres.

Sebenarnya tidak terlalu sulit membuat beberapa gejala PCOS membaik, asal Ladies memiliki kegigihan untuk mengendalikannya. Dalam upaya mendukung perubahan, Ladies juga bisa menambah informasi seputar gaya hidup sehat dan kesehatan wanita dengan mengunduh aplikasi Wilov secara gratis di App Store dan Google Play Store.

Referensi

[1] “Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) | Johns Hopkins Medicine.” (accessed July 19, 2022) https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/polycystic-ovary-syndrome-pcos

[2] “Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) (for Teens) | Nemours KidsHealth.” (accessed July 19, 2022) https://kidshealth.org/en/teens/pcos.html

[3] “Polycystic ovary syndrome – NHS.” (accessed July 19, 2022) https://www.nhs.uk/conditions/polycystic-ovary-syndrome-pcos/

[4] “Polycystic ovary syndrome | Office on Women’s Health.” (accessed July 19, 2022) https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/polycystic-ovary-syndrome 

[5]      “Here are 8 signs that suggest you’ve begun to reverse your PCOS.” (accessed July 19, 2022) https://www.healthshots.com/preventive-care/reproductive-care/here-are-8-signs-that-suggest-youve-begun-to-reverse-your-pcos/

Leave a comment