Skip links
Apakah PCOS bisa Hamil?
Home / Edukasi / Hormon Wanita Dan Gangguan / PCOS / Apakah PCOS bisa Hamil?

Apakah PCOS bisa Hamil?

Ditulis oleh: Tim Wilov | Ditinjau oleh: dr. Lidia Debby W.

Ladies, pernah dengar tentang PCOS? Kalau Anda mengalami kesulitan untuk hamil, Anda mungkin saja memiliki PCOS atau sindrom ovarium polikistik. PCOS adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon reproduksi. Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan masalah pada ovarium wanita. Pada siklus menstruasi normal, ovarium akan membuat dan melepaskan sel telur yang siap dibuahi setiap bulannya. Namun, jika Ladies memiliki PCOS, sel telur tidak dapat berkembang atau dilepaskan sebagaimana mestinya. Tak heran jika kondisi ini kerap diasosiasikan dengan pertanyaan seperti apakah PCOS bisa hamil dan sejenisnya.

Untuk bisa mengidentifikasi kondisi ini, Ladies perlu mengenali sejumlah gejala PCOS pada wanita seperti periode menstruasi yang tidak teratur, tumbuhnya rambut di wajah dan dagu, kesulitan hamil, sulit turun berat badan, rambut di kepala yang menipis, kulit yang menghitam di bagian lipatan, dan masalah jerawat. Namun, gejala PCOS yang muncul pada tiap orang tentu berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Ladies berkonsultasi dengan tenaga medis terpercaya untuk mendapat diagnosis yang akurat.

Mungkin Ladies bertanya-tanya, apakah PCOS bisa hamil? Jangan khawatir, Ladies. Jawabannya, bisa. PCOS merupakan salah satu penyebab infertilitas yang paling umum pada wanita, tetapi dapat dikendalikan selama ditangani dengan tepat. Berikut adalah beberapa cara yang umumnya diterapkan untuk meningkatkan peluang kehamilan pada wanita dengan PCOS:

  1. Gaya Hidup Lebih Sehat
    Ladies, modifikasi gaya hidup merupakan langkah pertama yang harus diambil untuk bisa mengendalikan PCOS. Gaya hidup yang lebih sehat mencakup pengaturan pola makan sekaligus aktivitas fisik. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan (BB) atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur serta meningkatkan kesuburan. Perbanyak makan sayur dan buah setiap hari. Hindari makanan olahan, makanan dan minuman tinggi gula, serta makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti, mi, dan sejenisnya. Selain pola makan, Ladies juga sebaiknya melakukan olahraga berintensitas sedang sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dengan cara berjalan, berenang, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan berkebun. Durasi setiap olahraga sebaiknya adalah 30-45 menit per hari atau lebih dari 150 menit per minggu. Ingat ya, Ladies, gaya hidup sehat berperan penting menentukan apakah PCOS bisa hamil atau tidak.
  2. Obat-obatan dari Dokter
    Keberhasilan ovulasi adalah langkah pertama menuju kehamilan. Selain merekomendasikan gaya hidup yang lebih sehat, dokter Anda mungkin saja meresepkan obat-obatan untuk mendorong terjadinya ovulasi. Wanita dengan PCOS kerap diminta untuk meminum obat yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang sering digunakan untuk mengobati diabetes. Pada wanita dengan PCOS, obat-obatan tersebut dinilai dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mendukung proses ovulasi. Jika digabung dengan gaya hidup sehat, pengobatan dari dokter dapat membantu Ladies memiliki periode menstruasi yang lebih teratur sehingga lebih mudah untuk menjalankan program hamil secara alami.
  3. Inseminasi atau Bayi Tabung
    Bila pengobatan belum juga membuahkan hasil, dokter mungkin akan merekomendasikan pilihan untuk melakukan inseminasi atau bahkan bayi tabung. Inseminasi buatan (IUI) merupakan prosedur di mana sperma pasangan dipilih, dikumpulkan, dan dimasukkan ke dalam rahim wanita. Wanita dengan PCOS yang menjalani IUI umumnya akan diminta meminum atau menyuntikkan obat untuk merangsang ovulasi. Selain IUI, bayi tabung (IVF) juga dapat menjadi pilihan Ladies. Pada IVF, sel telur Ladies akan dibuahi dengan sperma pasangan di laboratorium, kemudian ditempatkan di dalam rahim dengan harapan akan tertanam dan berkembang di sana2. Program bayi tabung memang tidak sesederhana dan seterjangkau IUI, tetapi peluang untuk berhasil hamil jauh lebih besar.

Ladies, tak perlu dihantui cemas dengan pertanyaan apakah PCOS bisa hamil. Karena dengan penanganan yang tepat, PCOS bisa dikendalikan. Perlu diingat, meski sama-sama memiliki PCOS, setiap wanita tentu membutuhkan perawatan dan prosedur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Ladies selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi sebelum mengambil langkah terkait program kehamilan. Untuk memperoleh informasi dan tips penting lainnya seputar PCOS dan kehamilan, jangan lupa unduh aplikasi Wilov di ponsel Anda. Wilov juga menyediakan kalender menstruasi dan kalkulator masa subur wanita yang dapat membantu Ladies menjalankan program hamil dengan lebih mudah.

Sumber:

Leave a comment