Skip links
Perubahan Hormonal yang Ladies Alami Saat Hamil
Home / Edukasi / Hormon Wanita Dan Gangguan / Hormon Pada Wanita / Perubahan Hormonal yang Ladies Alami Saat Hamil

Perubahan Hormonal yang Ladies Alami Saat Hamil

Ditulis: Tim Wilov
Ditinjau: dr. Hendri Antonius

Saat hamil, Ladies akan merasakan banyak perubahan dalam diri baik secara fisik maupun emosional. Mulai dari perubahan fungsi jantung dan ginjal, kenaikan berat badan, perubahan pada kulit, hingga kondisi mental yang naik turun [1][2]. Perubahan ini tentunya bukan tanpa sebab, Ladies. Seluruh organ dalam tubuh kita bekerja lebih giat untuk mendukung kehamilan dan perkembangan calon buah hati kita kelak. Perubahan saat kehamilan yang demikian dipengaruhi oleh sejumlah hormon yang diproduksi di dalam tubuh seperti hormon progesteron, estrogen, prolaktin, renin, hCG, hPL, dan lainnya [2][3].

Apa saja sih perubahan hormonal yang mungkin terjadi pada Ladies saat hamil?

  1. Morning Sickness
    Tidak ada kesimpulan pasti tentang penyebab mual dan muntah saat hamil. Sejumlah ahli berpendapat bahwa perubahan kadar hormon progesteron, estrogen, hCG, dan TSH bisa jadi berperan di dalamnya [4]. Perubahan hormonal tersebut mungkin saja meningkatkan indra penciuman dan membuat wanita lebih sensitif terhadap bau tertentu. Tak hanya itu, indera perasa pun mungkin akan terasa asam atau pahit sehingga mengganggu selera makan Ladies [5]. Morning sickness umumnya terjadi pada kehamilan usia 5-6 minggu dan akan berkurang pada usia 12-16 minggu. Sebaiknya, Ladies minum sedikit demi sedikit sepanjang hari dan menghindari makanan yang berlemak [1]. 
  2. Perubahan Fungsi Jantung dan Ginjal [2]
    Saat hamil, terjadi peningkatan jumlah darah yang dipompa jantung setiap menitnya. Hormon seperti estrogen dan relaksin memicu pelebaran dan relaksasi pembuluh darah yang menyebabkan penurunan tekanan darah. Saat hamil, Ladies juga akan mengalami retensi cairan yang bisa menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan. 
  3. Perubahan pada kulit [6]
    Beberapa wanita mengalami peningkatan pigmentasi kulit sehingga seringkali memiliki bercak gelap di wajah yang disebut dengan melasma. Umumnya, melasma memudar beberapa bulan setelah melahirkan. Para ahli menyatakan bahwa kondisi ini kemungkinan dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh saat hamil.
  4. Payudara [2]
    Payudara seringkali bertambah besar saat hamil karena mempersiapkan diri untuk menyusui kelak. Perubahan ini bisa dilihat termasuk pada aerola dan puting susu Ladies. Kondisi tersebut seringkali diasosiasikan dengan perubahan kadar hormon seperti estrogen, prolaktin, dan hPL. 
  5. Nyeri Panggul [4]
    Tak sedikit wanita hamil yang mengalami rasa sakit dan tidak nyaman di area panggul dan punggung bagian bawah selama trimester pertama. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh hormon yang disebut relaksin yang diproduksi selama kehamilan. Hormon ini melemaskan otot, persendian, dan ligamen Ladies untuk memberi ruang bagi janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Efek relaksin umumnya paling terkonsentrasi di sekitar daerah panggul. Pelunakan sendi panggul seringkali dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tersebut. 
  6. Mood Swings
    Perubahan kadar hormon progesteron, estrogen, dan lain-lainnya selama hamil mungkin akan memicu Ladies untuk merasakan emosi yang intens, baik emosi positif maupun negatif. Jangan lupa, normal-normal saja jika Ladies mungkin terombang-ambing di antara keduanya [1]. Terlebih, naik turunnya hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh Ladies juga bisa menyebabkan gangguan tidur yang semakin memengaruhi mood [7]. Tenangkan diri Ladies dengan melakukan hobi, makan makanan favorit, atau meditasi. Namun jika perubahaan mood sudah terlalu mengganggu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan psikiater. 

Ladies, ketahuilah bahwa perubahan pada tubuh dan jiwa selama hamil merupakan hal yang wajar. Pastikan Ladies berkonsultasi dengan dokter obstetri dan ginekologi terpercaya untuk bisa menghadapi perubahan-perubahan tersebut dengan tenang. Untuk memperoleh tips-tips penting seputar kehamilan dan kesehatan reproduksi wanita, unduh aplikasi Wilov secara gratis melalui App Store dan Google Play Store sekarang. 

 

Referensi: 

[1] “Pregnancy stages and changes – Better Health Channel.” https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-stages-and-changes#your-feelings-and-emotions-during-pregnancy (accessed Dec. 30, 2021).

[2] “Chemical messengers: how pregnancy hormones affect the body.” https://theconversation.com/chemical-messengers-how-pregnancy-hormones-affect-the-body-52305 (accessed Dec. 30, 2021).

[3] “Hormones During Pregnancy | Johns Hopkins Medicine.” https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/staying-healthy-during-pregnancy/hormones-during-pregnancy (accessed Dec. 30, 2021).

[4] “Hormones of pregnancy and labour | You and Your Hormones from the Society for Endocrinology.” https://www.yourhormones.info/topical-issues/hormones-of-pregnancy-and-labour/ (accessed Dec. 30, 2021).

[5] “What causes morning sickness (nausea and vomiting during pregnancy)? | ACOG.” https://www.acog.org/womens-health/experts-and-stories/ask-acog/what-causes-morning-sickness (accessed Dec. 30, 2021).

[6] M. M. Black, Obstetric and gynecologic dermatology. London: Mosby, 2002.

[7] “Women, Are Your Hormones Keeping You Up at Night? > News > Yale Medicine.” https://www.yalemedicine.org/news/women-are-your-hormones-keeping-you-up-at-night (accessed Dec. 14, 2021).

Leave a comment