Skip links
Kenalan dengan Hormon Pada Wanita
Home / Edukasi / Hormon Wanita Dan Gangguan / Hormon Pada Wanita / Kenalan dengan Hormon Pada Wanita

Kenalan dengan Hormon Pada Wanita

Ditulis: Tim Wilov
Ditinjau: dr. Lidia Debby W.

Apakah Ladies sudah familier dengan sistem endokrin? Sistem hormonal yang dikenal juga dengan sistem endokrin adalah jaringan kelenjar dan organ dalam tubuh kita yang menghasilkan hormon. Hormon tersebut disalurkan melalui aliran darah menuju sel dalam tubuh yang menjadi target, agar sel-sel tersebut bekerja sesuai perintah [1]. Sistem endokrin memegang peranan penting bagi kita karena berfungsi mengatur seluruh proses biologis dalam tubuh sejak pembuahan hingga dewasa dan usia tua. Mulai dari metabolisme, pertumbuhan, perkembangan otak dan sistem saraf, sistem reproduksi, dan pengaturan gula darah [2]. 

Kelenjar dan organ utama dalam sistem endokrin meliputi kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium, dan testis [3]. Ladies perlu tahu bahwa ada dua hormon pada wanita yang berperan penting dalam sistem reproduksi, yaitu hormon estrogen dan progesteron. 

dianggap sebagai hormon penting dan utama, yaitu estrogen dan progresteron:

 

Estrogen

Estrogen adalah hormon seks utama wanita yang diproduksi di sel telur, kelenjar adrenal, dan jaringan lemak. Ada tiga jenis estrogen yaitu estradiol, estriol, dan estron [4]. Sebagai salah satu hormon pada wanita, peran utama estrogen adalah mengkoordinasikan perkembangan dan fungsi alat kelamin serta payudara.   

Selama masa pubertas, estrogen mendukung pertumbuhan rahim, payudara, dan vagina. Selain itu, estrogen juga menentukan pola penimbunan dan distribusi lemak dalam tubuh yang menyebabkan wanita punya bentuk tubuh yang khas. Namun pada wnaita dewasa, fungsi utama estrogen meliputi pengaturan siklus menstruasi, berkontribusi pada pengaturan hormonal saat hamil dan menyusui, serta mengatur libido wanita [5]. 

 

Progesteron

Progesteron adalah hormon yang membantu memelihara kehamilan dan diproduksi di sel telur wanita, kelenjar adrenal, dan plasenta (ketika seorang wanita hamil). Progesteron memiliki efek sedatif ringan sehingga dikenal juga sebagai “hormon relaksasi” [4]. 

Progesteron memiliki peran penting dalam pemeliharaan rahim selama kehamilan. Wanita yang memiliki kadar progesteron rendah saat hamil memiliki risiko mengalami keguguran dan persalinan prematur [6]. Sebagai salah satu hormon pada wanita yang sangat penting, umumnya dokter akan memantau kadar progesteron dalam tubuh Ladies saat hamil. 

 

Hormon dalam tahapan hidup wanita

Kadar hormon pada wanita, terutama estrogen dan progesteron, bergerak naik dan turun sepanjang hidupnya mulai dari menstruasi, kehamilan, hingga masa menopause:

  • Menstruasi: Sebelum menstruasi, kadar progesteron Ladies akan meningkat karena sedang mempersiapkan tubuh untuk kemungkinan terjadinya kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi, kadar progesteron akan menurun drastis dan menyebabkan lapisan rahim luruh, sehingga terjadi menstruasi. 
  • Kehamilan: Saat hamil, prgesteron dan estrogen bekerja untuk mendukung janin yang sedang tumbuh. Selama trimester pertama, kadar progesteron meningkat berlipat-lipat untuk membantu menjaga otot rahim tetap rileks dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kadar estrogen juga meroket pada trimester pertama. Konon, seorang wanita menghasilkan lebih banyak estrogen selama satu kehamilan daripada sepanjang sisa hidupnya. Tidak heran kalau wanita seringkali merasa lebih sering mengantuk dan tidur dalam 12 minggu pertama kehamilan.
  • Menopause: Saat mendekati masa menopause, kadar hormon pada wanita naik dan turun secara dramatis. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hot flashes, istilah untuk menggambarkan sensasi gerah atau kepanasan yang muncul secara tiba-tiba di sekitar wajah, leher, dan dada. Selain munculnya hot flashes, kadar progesteron yang rendah dalam tubuh juga membuat beberapa wanita mengalami sulit tidur, mudah tersinggung, dan sulit merasa rileks. 

 

Dapatkan informasi lain seputar hormon dan kesehatan reproduksi wanita melalui aplikasi Wilov. Aplikasi ini juga memudahkan Ladies melacak siklus menstruasi dengan kalender menstruasi dan ovulasi di dalamnya. Download aplikasi Wilov gratis di App Store dan Google Play Store sekarang, ya. 

 

Referensi

[1] “Hormonal system – what it is and how it works | healthdirect.” https://www.healthdirect.gov.au/hormonal-system-endocrine#what-is (accessed Dec. 14, 2021).

[2] “What is the Endocrine System? | US EPA.” https://www.epa.gov/endocrine-disruption/what-endocrine-system (accessed Dec. 14, 2021).

[3] “Hormonal (endocrine) system – Better Health Channel.” https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/hormonal-endocrine-system#functions-of-the-endocrine-system (accessed Dec. 14, 2021).

[4] “Women, Are Your Hormones Keeping You Up at Night? > News > Yale Medicine.” https://www.yalemedicine.org/news/women-are-your-hormones-keeping-you-up-at-night (accessed Dec. 14, 2021).

[5] R. D. G. Malcomson and A. Nagy, “The endocrine system,” Keeling’s Fetal Neonatal Pathol., pp. 671–702, 2015, doi: 10.1007/978-3-319-19207-9_25.

[6] J. K. Cable and M. H. Grider, “Physiology, Progesterone,” StatPearls, May 2021, Accessed: Dec. 14, 2021. [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558960/.

Leave a comment